Penyebab Bau Mulut Tak Sedap

Penyebab Bau Mulut Tak Sedap – Masalah bau mulut mungkin bisa saja dapat kita alami, karena masalah yang satu ini dapat terjadi pada siapa dan kapan saja namun pada umumnya ini masalah yang wajar terjadi. Akan tetapi pada kondisi tertentu masalah bau mulut ini dapat menjadi kronis dan menjadi masalah besar bagi penderitanya. Salah satu cara yang harus dilakukan untuk mengetahui asal mulanya bauk mulut tersebut adalah mencari tahu penyebab bau mulut tak sedap tersebut.

Bau Mulut

Masalah bau mulut atau lebih dikenal dengan Halitosis dalam dunia medis, terkadang masalah tersebut datang dari hal sepele seperti ketika anda kurang menjaga kebersihan gigi dan mulut yang buruk. Namun pada kondisi lain, adanya masalah bau mulut tak sedap ini menandakan adanya kondisi medis yang lebih serius lagi. untuk dapat mengatasi bau mulut tak sedap ini, kenali penyebab bau mulut tak sedap yang harus diperhatikan.

Penyebab Bau Mulut Tak Sedap

Penyebab Bau Mulut Tak Sedap

Penyebab bau Mulut Tak Sedap

Kurang Terjaga Kebersihan Gigi

Seikitar 85% pada kasus bau mulut disebabkan oleh kebersihan gigi yang tidak dijaga. Menurut hasil penelitian, bahwa dengan adanya sisa-sisa makanan yang menempel di gigi semakin lama akan menumpuk dan menjadi hidangan untuk bakteri. Sebab bakteri dan kuman sangat menyukai tempat-tempat yang basah dan lembab sekaligus tempat yang hangat, dengan begitu dengan adanya sisa makanan di gigi akan menjadi tempat berkembangbiak kuman yang sangat disukai. Dan bakteri-bakteri tersebutlah yang menjadi penyebab bau mulut tak sedap, yang pada awalnya menghasilkan senyawa-senyawa sulfur seperti adanya bau busuk. Cara menghilangkan bau mulut yang diakibatkan oleh sisa makanan ini adalah dengan sikat gigi dan berkumur sekurang-kurangnya 2 kali dalam sehari, namun jangan sampai lupa juga untuk membersihkan bagian lidah, karena bakteri ini juga dapat hidup tanpa oksigen di bagian lidah belakang.

Kurangnya Asupan Air

Penyebab bau mulut tak sedap selanjutnya yang paling sering diabaikan oleh kebanyakan orang adalah kurangnya cairan tubuh atau lebih di kenal dengan dehidrasi yang akan menyebabkan produksi saliva (Air liur) menurun. Saliva mempunyai fungsi yang cukup penting dalam tubuh dan salah satunya adalah membersihkan bakteri-bakteri yang terdapat di dalam mulut manusia. Selain itu, saliva juga akan menjaga sel-sel di dalam mulut agar tetap hidup, maka apabila kita kekurang cairan saliva dapat menyebabkan sel-sel yang berada di dalam mulut akan banyak sekali yang mati. Sel-sel tersebut yang mati juga dapat menjadi sumber bau busuk tersebut pada mulut kita.

Untuk mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuh, minumlah minimal air mineral 1,8 liter per hari, selain air putih minuman lain seperti teh hijau juga sudah dikenal dapat memberikan hidrasi (asupan cairan) yang cukup bagi tubuh. Serta antioksidan yang terkandung di dalam teh tersebut juga mampu mengubah beberapa senyawa sulfur yang menjadi penyebab bau mulut tak sedap. Dan bagi anda penderita alergi yang tidak dapat bernapas dengan baik melalui hidung pada umumnya, dan sebagai saluran penggati menggunakan mulut.Maka hal tersebut dapat menyebabkan mulut menjadi lebih cepat mengering. serta jika anda mengalami alergi , baiknya selalu pastikan untuk memperhatikan saluran pernapasan serta menambah asupan air.

Banyak Mengkonsumsi Makanan Penyebab Bau Mulut Tak Sedap

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa bumbu dapur seperti bawang merupakan salah satu makanan penyebab bau mulut tak sedap. Akan tetapi perlu yang anda ketahui bahwa beberapa produk-produk susu dapat mengentalkan ingus (nasal mucus) serta dapat menyebabkan bau sepertin sulfur? Sehingga tidak heran jika banyak penyanyi yang menghindari makanan atau minuman yang berbahan dasar dari susu, terutama jika mereka akan segera tampil. Selain itu makanan yang berkarbohidrat tinggi juga sangat berpotensi untuk menarik bakteri karena tingginya kandungan gula. Sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang berserat tinggi seperti buah dan sayur yang berfungsi untuk mengimbangi dan mengurangi masalah bau mulut tak sedap tersebut.

Infeksi Amandel atau Sinus

Infeksi sangat mudah sekali terjadi sinus dan menjadi penyebab bau mulut tak sedap, dan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi infeksi tersebut yaitu dengan pemberian antibiotik sesuai dengan anjuran dokter. Sedangkan pada kasus infeksi amandel yang dapat menyebabkan terjadinya radang tenggorokan dapat menghasilkan butiran-butiran kalsium di belakng tenggorokan juga dapat menyebabkan timbulnya bau tak ssedap. Cara mengatasi bau mulut pada kasus ini dengan berkumur menggunakan air yang berkadar garam tinggi yang berfungsi untuk membunuh bakteri penyabab bau mulut tak sedap. Tambahkan lah satu sendok makan garam ke dalam seperempat liter air kemudian gunakan air tersebut untuk berkumur di pagi hari dalam 2 hingga 3 hari. Kemudian setelah itu, silahkan makan yougurt yang memliki kandungan antibakteri yang baik.

 


=====================================

>>> Kapsul Herbal Obat Bau Mulut Membantu Mengatasi Bau Mulut Yang Tak Sedap Dan Membantu Memberikan Aroma atau Napas Segar Pada Mulut, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Bau Mulut and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *