Masalah Bau Mulut

Masalah Bau Mulut – Nafas segar adalah dambaan semua orang. Banyak orang mulai mengeluhkan nafas tidak segar alias bau mulut. Menurut Drg. Lita R. Darmawan FISID sebenarnya bau mulut mudah sekali untuk diketahui. Caranya dengan menjilat telapak tangan lalu didiamkan sebentar. Setelah itu, dengan jarak beberapa milimeter baru lakukann penciuman dengan hidung untuk mengetahui apakah bekas jilatan tadi berbau atau tidak. Jika berbau, maka saat itu kondisi mulut dalam keadaan berbau.

Masalah Bau Mulut

Masalah Bau Mulut

Bau Mulut Atau Halitosis

Drg. Lita menjelaskan bahwa bau mulut atau halitosis disebabkan oleh sering terjadinya pengurangan produksi kelenjar air ludah atau sativa. Saliva memiliki sifat sebagai pembersih. Saliva berfungsi sebagai pembersoh mukosa mulut dari pengganggu seperti kuman yang berasal dari sisa makanan. Fungsi itu jadi tidak maksimal jika tidak dibantu dengan penyikatan gigi, penggunaan benang gigi dan berkumur dengan obat kumur.

Masalah Bau Mulut  juga terjadi karena adanya kadar volatil sulfur compound yang meningkat. Volatil sulfur compound merupakan zat yang terdapat di dlaam rongga mulut.  Zat tersebut mengandung hidrogen sulfid, metil mercaptan dan dimetil disulfid yang merupakan produk bakteri atau floral normal rongga mulut  dapat menyebabkan bau mulut tercium  oleh indera penciuman.

Meningkatnya kadar volatil sulfur compound di lihat dari beberapa faktor penyebab. Menurut Drg. Lita pada dasarnya bau mulut terjadi karena dua faktor yaitu faktor lokal dan faktor sistemik. Faktor lokal yaitu adanya plak atau karang gigi, lubang gigi, sisa makanan yang tertinggaldan peradangan gusi seperti sariawan dan gusi berdarah.

Sariawan disebabkan kondisi tubuh yang tidak fit atau menurun. Faktor lokal lainnya juga dapat dilihat dari bagaimana seseorang menngkonsumsi makanan, misalnya makanan yang sifatnya asam, seperti jus yang dapat mempengaruhi peningkatan asam tersebut.

Faktor sistemik, yaitu memiliki penyakit seperti kencing manis, jantung, hati, maag dan mengkonsumsi obat-obatan yang dibutuhkan untuk kesehatan. Penderita penyakit diabetes mengkonsumsi obat untuk mengurangi kadar gulanya dan obat-obatan tersebut dapat mempengaruhi keseimbagan asam basa dalam mulut sehingga timbullah bau mulut. Selain kedua faktor  tersebut, penyebab bau mulut atau nafas tidak segar yang sering dikeluhkan adalah kurangnya minum air putih, seringnya mengkonsumsi makanan yang mengandung aroma tajam seperti pete, jengkol  serta konsumsi makanan bersantan. Santan juga memiliki pengaruh yang dapat menyebabkan bau mulut karena santan memiliki sifat yang mengendalikan dalam mulut.

Drg. Lita juga memberitahukan, 20 menit setelah makan, dimana nasi yang mengandung karbohidrat  dan glukosa yang dikonsumsi, baru akan terurai oleh bakteri dan akan menjadi asam. Bila asam tercampur dengan bakteri dan sisa makanan serta adanya saliva di dalam mulut, akan menimbulkan plak pada gigi. Lama kelamaan plak tersebut akan memicu timbulnya Masalah Bau Mulut terutama pada gigi yang berantakan.

Cara Mengatasi Bau Mulut

Cara yang paling baik dalam mengatasi masalah bau mulut adalah :

  1. Menyikat gigi dengan cara yang benar dan dengan lebih optimal menggunakan pasta gigi yang mengandung flour. Melakukan penyikatan pada lidah serta Anda bisa menggunakan alat bantu seperti benang gigi.
  2. Menggunakan agen antibakteri untuk mulut yakni misalnya adalah seperti obat kumur namun sebaiknya hangan digunakan dengan berlebihan lebih dari 2 minggu.
  3. Merangsang aliran air ludah dengan mengonsumsi jenis makanan seperti buah-buahan yang mengandung air dan mineral. Dibantu juga mencukupi kebutuhan nutrisi seperti sayuran, air mineral dan Anda bisa menggunakan obat kumur yang terbuat dari bahan baking soda.
  4. Kurangilah asupan makanan dan juga minuman yang manis diantara waktu makan utama. Untuk membantu mencegah sakit gigi berlubang dan juga mencegah bau mulut, maka Anda harus mengurangi jenis-jenis makanan yang mengandung gula.
  5. Melakukan pemeriksaan dan juga melakukan pembersihan pada karang gigi dari dokter gigi.
  6. Memperbaiki tambalan gigi
  7. Kurangilah kebiasaan buruk Anda seperti mengonsumsi alkohol dan juga merokok.
  8. Untuk Anda yang mempunyai masalah pada sinusitis maka lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengatasi masalah ini terlebih dahulu.

Kurangilah jenis makanan yang bisa merangsang bau mulut terjadi, misalnya adalah makanan seperti bawang putih, petai, jengkol, dan jga kopi. Jika Anda selesai makan-makanan jenis ini maka sebaiknya berkumurlah, atau Anda juga bisa menyikat lidah dan juga menyikat gigi Anda. Jika Anda suka makan permen karet, maka kunyahlah permen karet yang tidak mengandung gula untuk membantu merangsang air ludah di dalam mulut.

Beberapa jenis sayuran yang baik dalam membantu mengatasi bau mulut adalah :

  1. Sayur wortel
  2. Daun mint
  3. Roti tawar
  4. Minum teh hijau herbal

Makanan-makanan ini akan membantu mengurangi bau mulut yang terjadi. Jika Anda melakukan pemeriksaan ke dokter, maka Anda bisa melakukan pemeriksaan ke Spesialis Penyakit dalam.

Salah satu penyebab bau mulut adalah karena efek samping dalam melakukan suatu pengobatan yang Anda sedang lakukan. Atau bahkan bau mulut juga merupakan salah satu gejala dari penyakit yang sedang Anda alami. Dan jika memang seperti begitu keadaannya, maka lakukan konsultasi langsung ke dokter Anda dan mendiskusikan dengan dokter Anda.

Itulah informasi mengenai bau mulut dan cara mengatasi masalah bau mulut. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semua.

Masalah Bau Mulut

 


=====================================

>>> Kapsul Herbal Obat Bau Mulut Membantu Mengatasi Bau Mulut Yang Tak Sedap Dan Membantu Memberikan Aroma atau Napas Segar Pada Mulut, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Bau Mulut and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *