Bau Mulut Yang Menyengat

Bau Mulut Yang Menyengat – Pastinya semua orang tidak ingin jika mulutnya mengeluarkan bau aroma yang tidak sedap. Bau mulut yang keluar akan sangat mengganggu tidak hanya diri sendiri tapi jugapada orang lain. Hal tersebut akan membuatnya malu dan marah karena adanya bau yang menyengat tersebut. Bau mulut terjadinya kerena mengkonsumsi makanan yang dapat menimbulkan bau mulut yang menyengat seperti jengkol dan petai. Namun bau mulut bisa terjadi karena kurang membersihkan organ tubuh termasuk mulut. Memang seharusnya bau mulut tidak sebaiknya dipertahankan akan tetapi harus segera dihilangkan.

baumulut

Bau Mulut Yang Menyengat

Penyebab Bau Mulut

Ada beberapa sebab yang menjadikan bau mulut seseorang, yaitu :

  • Kurang bisa menjaga kebersihan mulut. Pastikan untuk sikat gigi minimal dua kali dalam sehari, pagi serta malam menjelang anda tidur.
  • Makan makanan pemicu bau mulut seperti jengkol atau petai. Makan tersebut memang enak rasanya, namun tentu saja menimbulkan bau mulut tidak sedap.
  • Kebiasaan merokok juga bisa membuat nafas orang yang merokok menjadi tidak sedap. Begitu banyak bahaya merokok, selain itu akan menyebabkan bau mulut yang menyengat karena tembakau dan terasa kecut setiap saat.
  • Sakit sariawan. Munculnya sariawan juga bisa menyebabkan bau mulut tidak sedap. Segera obati sariawan anda.
  • Lupa akan sarapan pagi. Kebiasaan tidak makan pagi bisa menimbulkan bau mulut tidak sedap. Seharusnya pastikan sikat gigi sesudah makan pagi.
  • Adanya gangguan pada gigi seperti gigi berlubang. Bakteri pada gigi yang berlubang juga menimbulkan bau mulut tidak sedap. Terlebih pada saat sakit gigi, kita malas sekali sikat gigi dan memasukkan makanan sehat lewat mulut dikarenakan menahan rasa sakit pada gigi.

Cara Menghilangkan Bau Mulut yang Menyengat

  1. Menjaga mulut agar tetap lembab. Mulut yang kering adalah sumber dari bau mulut yang menyengat. Air liur akan membantu agar mulut tetap lembab dan berfungsi sebagai antiseptik dan enzim yang membunuh bakteri. Itulah sebabnya nafas lebih bau pada pagi hari karena mulut menghasilkan sedikit air liur saat tidur. Namun, ada cara untuk menjaga mulut supaya tetap lembab :
  • Permen karet selain menutupi bau mulut yang menyengat dengan beberapa jenis aroma yang segar, namun permen karet juga bisa merangsang produksi air liur tapi hindari permen rasa mints karena mints tidak dapat mendorong produksi air liur. Sebaiknya pilihlah permeen karet yang berkualitas. Jangan asal saja memakan permen karet dengan sembarangan malah akan menyebabkan sakit gigi.
  • Mulut kering dapat disebabkan oleh obat-obatan tertentu dan kondisi medis. Selalu berkonsultasikan pada dokter tentang obat yang anda konsumsi dan ceritakan tentang efek samping mulut anda yang kering.
  • Minumlah banyak air putih dan gunakan air dengan berkumur diantara sela-sela gigi anda. Air tidak selalu meningkatkan produksi air liur, tapi itu akan membersihkan mulut dan itu baik untuk membuat mulut tetap lembab.
  1. Banyak mengkonsumsi buah-buahan terutamanya yang banyak mengandung vitamin C seperti apel, pisang, dan jeruk, karena buah tersebut dapat membantu mengurangi bakteri di mulut. Selain mengkonsumsi buah-buahan bisa juga kita menggunakan sayuran seperti seledri dan wortel yang sangat bermanfaat dalam mengatasi bau mulu yang menyengat.
  2. Menghentikan kebiasaan merokok. Rokok dapat memperburuk kesehatan seseorang seperti penyakit sesak nafas dan kanker paru paru. Sebaiknya menghentikan kebiasaan merokok agar tubuh lebih sehat dan bisa mengatasi bau mulut yang menyengat.
  3. Hindari mengkonsumsi makanan yang bisa menimbulkan bau mulut. Untuk sementara itu hindari makanan yang menimbulkan bau mulut seperti jengkol dan petai.
  4. Menjaga kebersihan mulut dan juga gigi dengan cara gosok gigi secara teratur. Melakukan gosok gigi secara teratur dapat bermanfaat untuk menghilangkan bau mulut anda. Cobalah lakukan gosok gigi sehabis makan secara teratur.
  5. Mengkonsumsi jus jeruk atau jus nanas sebelum tidur sebaiknya buat segelas jus jeruk atau jus nanas yang dicampurkan air hangat. Anda bisa mencampurkan dengan satu sendok madu dan sedikit kayu manis untuk menambahkan rasa supaya nikmat. Mengkonsumsi jus jeruk atau nanas pada pagi hari dan mendapatkan nafas yang segar.

Tips Melawan  Bau Mulut Secara Alami

Agar terbebas dari bau mulut selain membutuhkan bantuan para ahli, namun kita juga harus berusaha dengan melakukan hal berikut ini :

  • Membersihkan lidah dengan tounge cleaner/scraper (pembersih lidah)
  • Membersihkan gigi palsu lepasankan secara rutin dan dilepas saat tidur (apabila pemakaian)
  • Menyingat gigi minimal dua kali sehari dan flossing (membersihkan sela gigi dengan benang flosss) minimal satu kali sehari dengan sikat yang kondisinya masih keadaan baik.
  • Menggunakan obat kumur yang mempunyai bahan katif oksigen karena bahan aktif tersebut dapat membantu melawan bakteri penghasil VSCs. Obat kumur dapat membantu membersihkan bagian yang sulit disikat seperti bagian belakang lidah.
  • Sering minum air putih agar mulut selalu tetap basah sehingga tidak terjadi mulut yang kering.
  • Mengunyah permen karet yang disarankan ada mengandung gula xylitol yang dapat merangsang produksi air liur.
  • Check up secara rutin ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali.

Bau Mulut Yang Menyengat

 


=====================================

>>> Kapsul Herbal Obat Bau Mulut Membantu Mengatasi Bau Mulut Yang Tak Sedap Dan Membantu Memberikan Aroma atau Napas Segar Pada Mulut, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Bau Mulut and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *