Bau Mulut Tak Sedap

Bau Mulut Tak Sedap– Bau Mulut Tak Sedap adalah masalah yang cukup serius bagi sebagian orang yang aroma mulutnya sangat tajam dan menusuk hidung orang-orang di sekitarnya. Orang yang puasa biasanya mulutnya berbau tidak enak, namun hal ini wajar-wajar saja. Lain halnya jika bau mulut terjadi secara permanen tentu akan memberikan dampak atau citra yang negatif.

Bau Mulut Tak Sedap

Bau Mulut Tak Sedap

Bau Mulut Tidak Sedap

Bau mulut yang berkepanjangan dapat mengakibatkan seeseorang jadi tidak percaya diri dan bisa menjadi pertanda suatu penyakit seperti penyakit diabetes, penyakit jantung, gagal ginjal, liver, gangguan pada pencernaan dsb. Di samping itu, bau mulut juga dapat ditimbulkan dari adanya lubang pada gigi, sisa makanan di dalam mulut, karang gigi/karies dsb.

Tanda-tanda terjadinyaBau Mulut Tak Sedap biasanya akibat terganggunya keseimbangan asam mulut seperti air liur kental, mulut kering, dan rasa tidak nyaman bicara. Selain itu, lawan bicara akan terlihat gelisah dan mengambil jarak dalam berbicara. Bisa juga seseorang akan komplain atas bau tidak enak yang tercium dan berasal dari mulut kita.

Cara Mencegah Bau Mulut

Cara mencegah dan mengatasi bau mulut tak sedap :

Anda tentu tak mau bau mulut menghinggapi. Cara mencegahnya yakni peliharalah kesehatan mulut dan gigi secara teratur. Usahakan setiap selesai makan atau bangun tidur menyikat gigi.

Anda juga dapat menghilangkan Bau Mulut Tak Sedap saat berbicara atau membuka mulut (menarik nafas) dengan cara yang mudah. Ambillah 1 sendok makan biji ketumbar lalu rebus dengan air secukupnya dan minum airnya. Selain itu dapat juga menggunakan air rebusan rimpang lengkuas dan daun sirih untuk diminum dan dikumur. Lakukan secara teratur, maka Anda akan terbebas dari bau mulut.

Penyebab bau mulut bisa disebabkan karena adanya suatu masalah atau akibat kelainan yang ada di dalam mulut. Hal ini bisa disebabkan karena pembusukan dari sisa sisa makanan dari bakteri. Penimbunan dari sisa-sisa makanan ini disebabkan karena kebersihan mulut yang kurang terjaga dengan baik. Apalagi ditambah jika masalah pada susunan gigi yang salah misalnya adalah gigi yang terlalu berjejal, dan akan menjadi semakin buruk. Selain itu, penyebab dari bau mulut bisa disebabkan karena adanya suatu kaitan antara gigi bungsu. Kelainan-kelainan yang terjadi di dalam mulut adalah karena pemakaian dari gigi palsu yang terbuat dari logam dan juga vulganit yang biasanya lebih sering muncul bau dibandingkan penggunaan bahan akrilik terkecuali jika Anda menggunakan gigi palsu dan dipelihara dengan baik. Selain itu, penyakit pada gusi berdarah bisa diakibatkan karena masalah bakteri fusopirochaeta yang pada akhirnya menimbulkan bau mulut tak sedap. Pembedahan yang terjadi di dalam mulut misalnya seperti setelah mencbut gigi, melakukan odontetomi, alveolektomi, dan hal ini lebih sering memunculkan masalah pada bau mulut. Selain itu juga dipahami akibat dari pengunyahan yang tidak berfuungsi dengan baik pada sisi mulut yang sakit. Dan disamping itu juga pendarahan yang kecil terjadi serta peningkatan pada jumlah bakteri yang ada di dalamnya.

Penyebab Bau Mulut

Sedangkan penyebab bau mulut yang berasal dari luar mulut adalah karena :

  1. Penyakit leukemia
  2. Penyakit diabetes atau penyakit kencing manis
  3. Penyakit tumor ganas di dalam hidung
  4. Abses yang terjadi pada paru-paru
  5. Penyakit pada lever
  6. Penyakit TBC
  7. Dan juga proses terjadinya kematian jariingan atau gangren.

Masalah gangguan yang terjadi pada ginjal juga bisa menjadi salah satu penyebab bau mlut kurang sedap. Para penderita biasanya mempunyai kadar ureum yang sangat tinggi, dan setelah itu akan mengalir ke dalam darah. Lewat proses kimia inilah kemudian akan dihasilkan suatu zat amoniak yang mempunyai bau yang menyengat. Komponen ini pada akhirnya masuk ke dalam sistem pernapasan yang mengakibatkan munculnya bau tidak sedap.

Selain itu, jenis makanan dan minuman serta obat-obatan yang menimbulkan masalah bau tidak sedap. Makanan dan minuman serta obat-obatan ini diserap dan kemudian akan dibawa oleh darah menuju ke hati kemudian masuk ke dalam empedu. Setelah itu, HCL di dalam darah akan dibawa kembali pada ke paru-paru yang selanjutnya akan dikeluarkan lewat sistem pernapasan.

Cara mengobati masalah bau mulut tak sedap adalah dengan menggunakan obat kumur atau mouthwash dan obat bilas mulut menggunakan air garam. Berkumur selama paling tidak 30 detik juga bisa membantu untuk menyingkirkan semua bakteri yang menjadi penyebab dari bau mulut tidak sedap. Dan Anda bisa menggunakan cara alami mengatasi bau mulut dengan menggunakan beberapa tes tea tree oil atau menggunakan minyak peppermint di lidah dan menggunakannya berbarengan dengan pasta gigi dalam membantu menghilangkan bau mulut. Kurangilah jenis makanan yang memunculkan bau kurang sedap misalnya adalah bawang-bawangan seperti bawang putih, kubis, rempah-rempah yang akan memicu terjadinya bau mulut. Hindarilah jenis minuman seperti kopi dan alkohol dengan kadar yang terlalu banyak yang bisa memicu terjadinya bau mulut. Sedangkan untuk orang yang sudah berusia lanjut mereka bisa makan makanan yang mngandung gula dalam membantu meningkatkan kadar air liur di dalam mulut untuk mengurangi resiko terjadinya bau mulut yang tidak diingankan.

Itulah informasi mengenai bau mulut tak sedap dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat untuk Anda semua.

Bau Mulut Tak Sedap

 


=====================================

>>> Kapsul Herbal Obat Bau Mulut Membantu Mengatasi Bau Mulut Yang Tak Sedap Dan Membantu Memberikan Aroma atau Napas Segar Pada Mulut, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Bau Mulut and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *