Bau Mulut Halitosis

Bau mulut halitosis merupakan masalah besar bagi sebagian orang, khususnya jika sedang mengobrol dengan orang lain. Bau mulut bisa dihindari dengan beberapa langkah sederhana. Penyebab bau mulut disebabkann oleh beberapa hal  namun penyebab bau mulut yang paling seriing terjadi adalah masalah kebersihan mulout.

Bau Mulut Halitosis

Bau Mulut Halitosis

Penyebab Bau Mulut

Berikut ini adalah hal-hal yang bisa menimbulkan kondisi bau mulut :

  1. Masalah gigi
    Kebersihan mulut yang buruk dan penyakit periodontal bisa menjadi sumber penyebab terjadinya bau mulut halitosis. Jika rongga mulut tidak dibersihkan dengan menyikat gigi atau flossing, plak yang berisi bakteri akan semakin menumpuk. Selain berbahaya  bagi kesehatan gigi dan gusi, bakteri-bakteri ini juga bisa mengeluarkan senyawa sulfur yang bisa membuat nafas menjadi tidak sedap.
  2. Makanan
    Partikel-partikel makanan yang tertinggal di dalam mulut Anda bisa menimbulkan bau yang tidak sedap. Beberapa makanan tertentu seperti bawang putih dan bawang Bombay mengandung suatu senyawa yang bisa menimbulkan bau. Ketika makanan-makanan seperti  ini dicerna dan senyawa tersebut masuk ke dalam peredaran darah, senyawa ini akan dibawa ke paru-paru dan bisa menimbulkan bau ketika berbicara. Bau ini akan hilang seiring dengan menghilangnya senyawa ini dari tubuh. Selain dari makanan, minuman yang mengandung alcohol  juga bekerja dengan cara yang sama dalam menimbulkan masalah bau mulut halitosis.
  3. Mulut kering
    Air ludah membantu melembabkan dan menjaga kebersihan mulut.  Jika produksi air ludah berkurang, plak dan karang gigi semakin mudah terbentuk. Sel-sel yang sudah mati juga akan menumpuk pada gusi, lidah dan pipi. Sel-sel ini akan terurai dan menghasilkan bau yang tidak enak. Mulut kering biasanya terjadi secara alami ketika bangun tidur, hal inilah yang menimbulkan bau mulut ketika sedang bangun tidur dipagi hari. Kebiasaan bernafas lewat mulut, merokok, dan obat-obatan tertentu juga bisa mengakibatkan mulut kering.
  4. Penyakit
    Ada berbagai penyakit yang bisa mengakibatkan timbulnya bau mulut, diantaranya infeksi pada rongga ,ulut dan saluran pernafasan,  penyakit hati, sakit ginjal, penyakit iabetes, gastroesophageal reflux disease, dan hiatal hernia.
  5. Kebiasaan merokok
  6. Merokok bisa mengakibatkan mulut kering dan menimbulkan bau yang khas dari rokok. Kebiasaan ini juga meningkatkan resiko terjadinya penyakit periodontal yang juga berhubungan dengan bau mulut.
  7.  Diet yang berlebihan
    Diet dan puasa juga bisa menimbulkan bau  mulut akibat proses ketoacidosis, pemecahan suatu senyawa yang terjadi selama berpuasa.

Mencegah Bau Mulut

Mencegah bau mulut halitosis

Karena bau mulut paling sering disebabkan oleh masalah kebersihan mulut, tentunya Anda bisa menghindaqrinya dengan menjaga kesehatan dan kebersihan rongga mulut. Namun, apabila  bau mulut diakibatkan oleh kondisi medis atau penyakit tertentu segera hubungi dokter ataupun dokter gigi Anda untuk mendapatkan penanganan.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan :

  • Menyikat gigi setelah makan dan  flossing minimal sekali sehari. Penggunaan obat kumur biasanya hanya membantu menyegarkan nafas seacra sementara. Tanpa menyikat gigi dan flossing yang bersih, obat kumur tidak akan efektif menghilangkan bau mulut.
  • Sikat lidah Anda. Anda bisa melakukannya dengan menggunakan sikat gi gi ataupun sikat lidah. Sikatlah permukaan lidah Anda sebanyak 5 sampai 15 gosokkan, terutama bagian tengah lidah.
  • Apabila menggunakan kawat gigi lepasan ataupun gigi tiruan lepasan, bersihkanlah alat-alat ini secara rutin.
  • Jagalah agar mulut Anda tetap lembab, dengan cara minum air putih yang cukup (bukan kopi ataupun softdrink), ataupun dengan mengunyah permen karet ataupun menghisap permen (sebaiknya yang tidak mengandung gula).
  • Gantilah sikat gigi dengan yang baru setiap 3 bulan sekali.
  • Lakukan pemeriksaan gigi di dokter gigi minimal setiap 6 bulan sekali untuk memeriksa dan memberishkan gigi Anda.

Penyebab Bau Mulut

Penyebab dari bau mulut halitosis adalah :

  1. Akibat mulut kering
    Mulut kering bisa menjadi salah satu penyebab bau mulut. Selain itu juga, sakit gigi berlubang dan terjadinya infeksi pada gusi yang bisa disebabkan karena plak. Kebersihan dari mulut yang kurang terjaga dengan baik akan membuat sisa makanan menjadi menumpuk di dalam sela-sela gigi, lidah dan pada sekitar gusi yang merupakan tempat dimana bakteri penyebab bau mulut muncul.
  2. Indikator penyakit
    Bau mulut bisa saja merupakan salah satu hal yang menandakan bahwa adanya suatu gangguan pada sistem pencernaan, sistem saluran pernapasan misalnya adalah seperti penyakit sinusitis menahun, bronkitis kronis, penyakit diabetes, sakit ginjal, gangguan penyakit hati.
  3. Merokok dan minuman beralkohol
    Penyebab bau mulut lainnya adalah karena merokok tembakau dan minuman yang mengandung alkohol.
  4. Bawang putih dan bawang merah
    Bawang putih dan bawang merah yang dikonsumsi dengan berlebihan juga menjadi salah satu penyebab dari bau mulut.

Hal yang bisa dilakukan untuk mencegah bau mulut halitosis adalah :

  1. Menghindari jenis makanan dan juga minuman yang bisa membuat bau mulut muncul. Beberapa jenis makanan tersebut adalah seperti jengkol, petai, kopi, bawang merah dan bawang putih.
  2. Mencari penyebab dengan melakukan suatu pemeriksaan yang lengkap untuk mengetahui secara pasti status oral dan juga riwayat kesehatan umum pada dokter gigi. Hal ini sangat perlu dilakukan. Uji coba ini bisa dilakukan dengan cara menggunakan odor meter untuk membantu menghitung dengan lebih akurat dari volatile sulfur gases yang biasanya dihasilkan oleh penderita bau mulut.

Bau Mulut Halitosis

 


=====================================

>>> Kapsul Herbal Obat Bau Mulut Membantu Mengatasi Bau Mulut Yang Tak Sedap Dan Membantu Memberikan Aroma atau Napas Segar Pada Mulut, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Bau Mulut and tagged , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *